RAYMOND BERNARD CATTEL

 

RAYMOND BERNARD CATTEL

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 


 

 

Dosen Pengampu : Fx. Wahyu Widiantoro., S.Psi., MA.

 Ahmad Prasetiyo / 19310410029



 

Cattell memberi definisi yang sangat umum mengenai kepribadian yaitu : ‘‘Personality is that which permits a prediction of what a person will do in a given situation’’.  Berdasarkan definisi tersebut, Cattell berpendapat bahwa tujuan dari pada penelitian mengenai kepribadian adalah menentukan hukum-hukum mengenai apa yang akan dilakukan oleh berbagai orang dalam berbagai situasi dalam lingkungan,yaitu mengenai segala aktifitas individu baik yang nampak maupun tidak. Kepribadian yang dimaksud Cattell fokus dengan seluruh bentuk perilaku, baik luar dan dalam. Cattell bertujuan untuk memprediksikan perilaku dengan subjek penelitiannya yaitu orang-orang normal yang di pelajari kepribadiannya,karena menurutnya bahwa tidak bijak jika ingin mengubah perilaku seseorang tetapi tidak mengetahui dan memahami secara terperinci apa yang harus diubah.

Menurut Budi Tri Ardiansyah, Cattell berpendapat bahwa kepribadian adalah suatu yang dapat memberikan prediksi tentang apa yang akan dilakukan seseorang dalam situasi tertentu. Teori kepribadian Cattell berangkat dari teorinya Gordon W. Allport yakni mengenai trait yang lebih dikembangkan lagi.Trait sendiri yaitu sebuah kecenderungan reaksi yang relativ permanen yang merupakan bagian dari kepribadian. Adapun teori dari Cattell dikenal dengan Analisis Faktor, yaitu sebuah prosedur statistik untuk mengukur faktor-faktor umum pada individu.Dalam hal ini Cattell menggunakan 3 metode pendekatan,antara lain Life Record,yaitu catatan mengenai tingkah laku dalam kehidupan sehari-hari disebut juga sebagai data L, kemudian ada Self Rating yaitu sebagai pelengkap untuk melengkapi data yang diperoleh dengan metode life record atau disebut juga data Q, dan Objective Test, yang merupakan observasi terhadap individu dalam situasi yang diadakan secara khusus supaya dapat dibuat ramalan mengenai tingkah laku individu tersebut dalam situasi-situasi  yang lain atau disebut juga data T.

Trait menurut Cattell yaitu suatu struktur mental untuk menunjukkan keajegan dan ketetapan dalam tingkah laku itu atau sebuah kecenderungan reaksi yang relativ permanen yang merupakan bagian dari kepribadian. Cattell percaya bahwa kita tidak dapat menentukan suatu kepribadian hingga mampu menentukan seluruh konsep yang digunakan dalam suatu perilaku (trait) (Ghazali dan Nurseha, 2016:46). Cattell memandang kepribadian adalahsebagai suatu struktur trait yang beragam dan kompleks, dengan motivasinya (unsur pendorongnya) (Yusuf dan Nurihsan, 2011:187).




Perkembangan kepribadian menurut Cattell yaitu proses belajar yang merupakan kejadian-kejadian sebagai penjelmaan dari pada pola tingkah laku yang didorong oleh erg. Jika ada pola penyesuaian (faktor endogen) bertemu dengan keadaan yang berpengaruh terhadap pola penyesuaian tersebut (faktor eksogen)  maka akan menimbulkan hasil dalam kepribadian yang berwujud perubahan atau  perkembangan,dan hal  inilah yang dilalui oleh individu dalam jalan perkembangannya yang disebut dynamic cross road.

 

Daftar Pustaka :

1.      Ardiansyah, Budi Tri. 2014. Teori Kepribadian Menurut Raymond Bernard Cattell.

2.      Ghazali, Muin, dan Nurseha Ghazali. 2016. Deteksi Kepribadian. Jakarta: PT Bumi Aksara

3.      Yusuf LN, Syamsul, dan Nurihsan, Juntika. 2011. Teori Kepribadian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Albert Bandura : Teori belajar sosial

KURT LEWIN

TEORI HUMANISTIK (CARL ROGERS)